Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop Tutorial – Simple Sparkling Light Effect


Photoshop Tutorial  Simple Sparkling Light Effect by irenkdesignDah dua bulan lebih gak nulis apapun. Agak sibuk jadi nulis yang ringan-ringan aja… he he he. Tren dalam dunia Digital imaging menuntut kita untuk lebih menguasai Light Effect Technic. Dalam tutorial kali ini kita akan belajar membuat efek sederhana kilatan cahaya pada foto agar foto terlihat lebih artistic, mang bener ya kalau lebih artistic? He he he… kita lanjut aja ke langkah tutorial untuk membuktikannya.

Buat dokumen baru dengan ukuran 600×450 px atau sesuaikan saja dengan ukuran foto yang kamu punya. Ukuran ini hanya untuk memudahkan tutorial ini aja kok. Seleksi obyek jika ingin mengganti backgrounnya.

irenkdesign light tutorial 050909

Duplikat Foto atau tekan Ctrl+J, lalu ubah mode layernya menjadi Screen.

Photoshop Tutorial  Simple Sparkling Light Effect image 1

Merge atau gabungkan layer. Layer – Merge Layer atau tekan Ctrl+E.

Photoshop Tutorial  Simple Sparkling Light Effect image 1b

Duplikan lagi Layer yang telah di gabung tadi. Filter – Blur – Gaussian Blur, berikan nilai pada radius sebesar 4,5.

Photoshop Tutorial  Simple Sparkling Light Effect image 2

Ubah Blending Mode atau Mode Layernya menjadi overlay. Hapus denga eraser tools pada bagian bagian tertentu seperti pada mata, bibir, hidung dan rambut. Sehingga kita mendapatkan obyek yang lebih menarik.

Photoshop Tutorial  Simple Sparkling Light Effect image 3

Langkah selanjutnya adalah memberikan efek kilatan cahaya pada model. Buat layer baru dan berikan nama kilat pada layernya. Gunakan Pen Tool untuk membuat bentuk lengkungan pada model. Klik pada titik-titik di area model seperti gambar berikut.

Tarik node atau titik-titiknya menggunakan convert point tools sedemikian rupa.

Pilih brush tools, atur setingannya seperti berikut. pastikan foreground color adalah putih. Setingan ini hanya untuk tutorial ini saja, Anda bisa mengatur besar kecil ukuran brush sesuai keinginan.

Aktifkan lagi convert point tools. Klik kanan pada path yang telah kita buat tadi lalu pilih stroke path. pilih Brush pada drop down.

klik kanan pada path kembali, lalu Delete Path untuk menghapus path.

Double klik pada layer kilat. berikan pengaturan pada inner glow dan outer Glow seperti berikut.

hapus beberapa bagian kilatan yg tidak diperlukan.

copy layer kilat ini lalu ubah modenya menjadi overlay. Efek kilatan cahaya sudah kita dapatkan. gak terlalu sulit kan? good luck!!!

ini contoh menggunakan variasi ukuran dan jenis kilatan cahayanya.

31 responses to “Photoshop Tutorial – Simple Sparkling Light Effect

  1. qurinx November 20, 2011 at 5:52 pm

    Creativity doesn’t always mean creating something new. Making modification and taking something to an advance level can be categorized as creativity.
    I like the way you wrote the tutorial.
    Thank’s for sharing and keep the good work!😀

  2. Quanta Multimedia February 24, 2011 at 1:34 pm

    Bang trims atas tutorial nya…
    Mau ini type fontnya apa dan sizenya berapa?

  3. OKTI January 23, 2011 at 2:52 am

    Dsar loe ska protes,…emank loe jago bkinx……yg pnting bsa d mngerti …

  4. roby January 11, 2011 at 11:23 pm

    tlung ajri buar vektor yg gambar love

  5. Erfan Photograph January 10, 2011 at 1:42 pm

    aku suka dan sangat membantu untuk cita2 aku

  6. irenk December 19, 2010 at 2:46 am

    iya jg sih, dlm bentuk e book akan lebih mudah di manfaatin, ntar akan saya coba buat

  7. heri December 13, 2010 at 3:40 pm

    wow, keren bgt tutorialnya. aku sgt suka.. klo tutorial yang versi ebook ada gak mas??? klo pake ebook kan biar lebih mudah, cz bs di bc scara offline…

    makasih…

  8. Dedie December 5, 2010 at 12:23 pm

    Setuju ama Gi, susah banget nyari tutorial kyk gni.. klo yg bhsa inggris ya bnyak tp gw gk ngerti… jd mnurut gw ini bermanfaat sekali.. manteb sob lnjutin trus.. biar kta bs nambah ilmu. . .

  9. irenk November 27, 2010 at 11:07 pm

    @Gi: thx bro

  10. Gi November 27, 2010 at 3:07 am

    @fafara, @hare : what’s your problem son?? biarin aja orang punya kreasi. klo lo mimpiin bangsa ini kreatif, mulai dari diri lo sendiri, ga usah ngarepin orang laen mulai duluan!

    gw muak ma orang2 kyk lo yg cuma bisa ngomentarin karya orang sementara diri lo sendiri ga becus berbuat apa-apa!

    @irenk, just keep on going sob!

  11. felisa October 8, 2010 at 2:35 pm

    Kenapa belum bisa juga ya ? Ketika klik kanan, tulisan stroke path nya tidak bisa ditekan … Susah …

  12. bowbag356 August 22, 2010 at 4:22 pm

    Hi friend …
    in english your content look at http://bowbag356.blogspot.com/2010/08/sparkling-light-effects.html
    So many many Thanks and….
    Good Luck!!😀

  13. irenk May 1, 2010 at 9:39 pm

    @hare-hare: meski terkesan negatif, tp tetap komentar anda saya approve. memang tuts ini adlh hsl modifikasi, tp lbh sdrhana agar mudah di terapkan(menurut saya). coba anda cek di hlmn About. Disitu saya sebutkan bahwa selain dari teknik pribadi, tuts di blog ini adalah hasil comotan. Saya hanya mencoba berbagi pada kawan2 yg lain yg ingin belajar. Jika anda memang minta tuts yg asli hasil karyaku, salah satunya adalah “Street King Grunge effect”, ada jg “tutorial membuat ketupat”. itu adalah teknik tracing corel yg saya tuangkan melalui photoshop. jg beberapa tuts yg lain. untuk tuts ini, saya hanya menunjukkan bagaimana membuat kilatan cahaya dengan teknik sprti pada tutorial di atas. semoga bisa menjelaskan semuanya, dan trima ksh atas link yg di berikan, semoga bs membantu tmn2 yg lain.

  14. hare-hare May 1, 2010 at 9:34 am

    banyak juga tutorial seperti ini.
    malahan udah bbrp tahun yang lalu.
    kalo tutorial ini sih cuman diolah / dimodifikasi sendiri dari sumbernya. Kapan bangsa ini bisa kreatif menciptakan kresi sendiri. Mimpi aku….
    Klik link ini
    http://psd.tutsplus.com/tutorials/photo-effects-tutorials/how-to-create-a-sparkling-fantasy-photo-manipulation/
    atau
    http://photoshop.tutfactory.com/toolbar/?id=399

  15. irenk April 28, 2010 at 9:52 pm

    @balicheaps: thx buat usulnya. dsni intinya hanya bgmn membuat efek kilatan cahayanya saja. soal hasil, berfariasi tergantung imajinasi masing2. kl langkah saya teruskan smp sprt hasil akhir, saya bingung memberi judul postingannya , he heh eh…

  16. balicheaps April 28, 2010 at 10:21 am

    Halo mas..kok gak diterusin sampe spt hasil akhirnya?

    thanks anyway

  17. Cosplay March 29, 2010 at 5:57 pm

    Thnx mas…cocok buat web saya

  18. hardian March 21, 2010 at 11:22 pm

    mas, tutorialnya berguna banget buat saya, terima kasih!

  19. irenk March 5, 2010 at 5:06 pm

    @fafara: yups, anda tepat mas, tp langkahnya susah di jalankan. saya meringkas dan memudahkan langkahnya. ini hanya sekedar berbagi bagi mereka yg br belajar.

  20. fafara March 5, 2010 at 4:08 pm

    UDAH PERNAH LIHAT TUTORIAL YANG KAYA GINI 1 TAHUN YANG LALU DI SITUS GRAFIS LUAR.

  21. Canbud February 16, 2010 at 1:14 pm

    Keren!! di-update terus yah blognya.. biar aku banyak info,

  22. Software Full, Tips and Trick February 1, 2010 at 5:35 pm

    mantap ni tutorial nya,
    thanks yooo…

    good luck😉

  23. Tutorial Photoshop Bahasa Indonesia December 22, 2009 at 6:27 pm

    Keren Mastah…….. Ijin sedot dulu Gan…….

  24. eyangkakung December 12, 2009 at 12:26 am

    thq bro..saya minta ijin untuk cantumin artikel/tutorial ini di web iseng2 saya y bro…mohon diijinkan..

  25. Nessya December 9, 2009 at 10:45 pm

    kereeeeeeeeeeen😉

  26. Dokter Pulsa November 25, 2009 at 9:06 am

    Thanks ulasannya sob,, sudah memberikan pengetahuan yang lebih untuk saya. Muantaabb..

  27. irenk November 18, 2009 at 11:59 pm

    untuk bertukar link, Silahkan pasang banner irenkdesign d blog atau web anda. lantas konfirmasikan melalui email bahwa banner telah dipasang d blog anda. segera saya akan pasang link balik.

  28. rezky November 18, 2009 at 10:16 pm

    hm …..
    trima kasih,,,

    anda mau gag bertukar link dgn saya ???

