Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Kemerdekaan Indonesia Adalah Suatu Proses


indonesia merdeka 64Bulan Agustus adalah bulannya Indonesia dimana semua lapisan masyarakat beramai-ramai merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Seminggu keliling kampung terlihat suasana yang berbeda. Bendera merah putih dan bendera berwarna warni menghiasi segala sudut kota dan gang-gang perkampungan. Berbagai lomba mulai dari olah raga, pentas dangdut, panjat pinang sampai makan krupuk terselenggara sangat meriah. Entah ini menjadi sebuah tradisi belaka atau memang di tujukan untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, yang pasti kerukunan rakyat Indonesia sangat terlihat disini.

Rasa Nasionalisme di tengah himpitan bobroknya ekonomi dan ketimpangan sosial sangat terasa. Upacara bendera 17 Agustus dilakukan di semua belahan bumi pertiwi, lagu Indonesia Raya berkumandang dimana-mana, pekik kemerdekaan terngiang di sudut-sudut desa dan kota, renungan jasa para pahlawan, acara tabur bunga, dan masih banyak lagi kegiatan lainnya mengobarkan rasa nasionalisme dan  semangat kebangsaan dan persatuan.  Kepedihan menahan beban himpitan ekonomi sejenak terlupakan untuk meramaikan pesta Kemerdekaan Indonesia yang ke-64 ini. Teringat perasaan senasib manakala membangun Bangsa Indonesia ini semakin mengobarkan semangat satu nusa dan satu bangsa.

Tapi di kenapa dibalik itu semua  kita sebagai generasi penerus perjuangan justru jadi penakut, manja, pengecut, saling mencurigai, saling menindas, dan saling mementingakan egoisme masing-masing. Apa sebenarnya yang terjadi dengan bumi pertiwi yang dilanda bencana ini? disaat warga surabaya masih terendam lumpur, papua masih membara, kesehatan masih menjadi barang mahal, pendidikan tak terbeli, kita justru bersembunyi di balik pelukan kemewahan diatas kemelaratan bangsa ini?  Tidak semua mimpi buruk itu terjadi akibat tangan penguasa dan pengusaha yang mencengkram di sana sini, tapi juga menjadi kenyataan karena kita semakin egois, masa bodoh, penakut, dan pengecut. Yang lebih parah karena menjadi pengecut takut bahwa semua yang dimiliki akan habis, takut miskin, takut turun martabatnya, takut di kucilkan, takut dicap pembangkang. Akibatnya tak akan pernah terjadi adanya kepedulian dan ketulusan membantu meski rakyat terbenam lumpur dan di berondong butiran timah panas.

Makna kemerdekaan tidaklah bersifat individual belaka melainkan cermin dari kondisi Bangsa Indonesia dari berbagai bidang dan komponen yang menyusun Indonesia tercinta ini. Menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh warga dalam lindungan sistem hukum dan pemerintahan yang adil dan kokoh adalah menjadi tanggungjawab bersama. Diperlukan kesadaran bersama tentang pentingnya kesadaran dalam mengelola dan menjaga seluruh potensi bangsa yang kita miliki ini. Yang lebih penting lagi adalah keberanian serta kesungguhan dalam membangun dan menentukan arah kemajuan dan jati diri bangsa ini. Segala perdebatan harus terselesaikan dalam semangat kesatuan dan persatuan. Dan bila ketidakbenaran dan kegelapan sedang menyelimuti pihak yang berkuasa, kita sebagai penentu majunya bangsa wajib melakukan langkah nyata di untuk melawan dan meneraginya. Skali lagi, kemerdekaan kita ini adalah suatu proses yang harus terus kita perjuangkan selama kemerdekaan belum menjadi milik semua rakyat indonesia, MERDEKA!!!!!

indonesia merdeka 64

3 responses to “Kemerdekaan Indonesia Adalah Suatu Proses

  1. wiyono July 2, 2010 at 8:31 pm

    keren gambarnya…

  2. puspa August 24, 2009 at 11:35 pm

    merdeka!!!! terus berjuang!

  3. LirNa August 17, 2009 at 11:23 pm

    yups, betul. kita musti terus berjuang dan berjuang

%d bloggers like this: