Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Sejarah Masalembu


Pelabuhan masalembu 03 tumbnail by irenkdesignMendengar namanya saja mungkin akan asing bagi kita, apalagi tau seperti apa keadaan pulau tersebut. Tapi jika mendengar kapal Tampomas 2 yg tenggelam seperti di tulis dalam lagu Iwan Fals tentu akan tidak asing terdengar di telinga kita. Pulau Masalembu atau yg juga dikenal dengan nama Pulau Masalembo merupakan pulau kecil yang terletak d utara pulau Madura. Kecamatan Masalembu ini masuk wilayah Kabupaten Sumenep.

Pada mulanya, pulau ini tidak berpenghuni. Sekitar abad XVII, orang-orang Bugis sering melakukan perjalanan ke Surabaya untuk berdagang. Barang dagangan mereka yang paling banyak adalah kelapa. Pada suatu ketika, sebuah kapal mereka tidak mendapat cukup angin dan akhirnya terdampar di perairan sebelah timur Pulau Masalembu. Karena pulau ini adalah pulau yang terdekat, mereka memutuskan untuk mendarat. Pulau ini tidak di huni oleh seorang manusiapun, hanyaterdapat sekumpulan sapi atau lembu yang merata hampir di semua pulau. Maka orang Bugis menamakan pulau ini dengan Nusa Lembu. Karena tanahnya yg cocok untuk kelapa, maka orang-orang bugis memutuskan untuk menanam kelapa bawaan mereka di pulau ini dan mengganti barang bawaan mereka dengan sapi untuk di bawa ke Surabaya. Setelah mendapat cukup angin, mereka melanjutkan perjalanan ke surabaya untuk berdagang. Di Surabaya mereka menyebarkan informasi mengenai keberadaan pulau ini.

Beberapa tahun kemudian mereka datang lagi ke Nusa Lembu dan memutuskan untuk mnempati pulau ini. Kelapa yang mereka tanam sebelumnya  telah menghasilkan. Lambat laun seiring berjalanan waktu, orang bugis banyak yang menikah dengan orang  jawa timur dan sebagian besar dengan orang madura. di kemudian hari mereka menyebut Nusa Lembu menjadi Masalembu, masa yang berarti banyak dan lembu yang berarti sapi.

Begitulah sekelumit sejarah nama dan ditemukannya pulau masalembu menurut penuturan Pak Jamal, orang yang telah melakukan penelitian mengenai pulau ini.

61 responses to “Sejarah Masalembu

  1. Pingback: bebas « anam bljar

  2. Arul's Aquarius July 27, 2011 at 11:28 pm

    walau bagaimanapun masalembu adalah tanah kelahiranku…..
    jadi gimanapun keadaannya q akan tetap cinta pulauku…
    love u zhalemboe

  3. hasan April 10, 2011 at 2:45 pm

    rindu masalembu

  4. Amin March 17, 2011 at 11:38 am

    wahai kanca-kanca kappi,seluruh anak Masalembu dimana aja berada …tidaklah cukup, kalau cinta itu diungkapkan lewat bahasa …saja….melainkan harus dengan konstribusi….ide,….materi …atau ngajak untuk memperhatikan ….apa yg dibuat orang-orang kita disana …..apa yg kita bisa berikan utk masalembu….kawan ? lihat ..ikan diracunin, di ekpoloitasi orang lain, penduduk pada lari menuju malaysia, imprastruktur ketinggalan, petugas ngamuk-nembaki keudara (stress) kurang konek dengan rakyat, kasian bener mas…

  5. Amin March 12, 2011 at 10:55 pm

    buat Ahmad al-jefry…do’aku menyertaimu..utk anda jadi orang sukses….baru kembali cepat ke Masalembu …ia aku ngerti maksud loo..barangkali anda melihat realita faktabahwa banyaknya anak Masalembu yg berhasil sukses di rantauan , jgkan rencana, niatpun kembali utk membangun kmp terpencil itu tdk ada… yaa… kasian bener yaaa. kamp, itu ya

  6. Amin March 10, 2011 at 7:05 pm

    sengko oreng selepu kia kana….idimma komentarra kAnaaaa…

  7. irenk March 4, 2011 at 6:17 am

    Th 2009 yang lalu hanya sinyal Telkomsel saja yang bisa. Mungkin sekarang sudah terjangkau oleh operator yang lain.

  8. Wayang March 2, 2011 at 9:44 pm

    Mau tanya di Masalembo sinyal yang ada apa ya? Telkomsel, Indosat, Xl?
    Trims…

  9. Syaiful Bahri February 25, 2011 at 2:57 pm

    Gajinya telat kali,, tp untuk keseluruhan kondusif dong.

  10. Amin February 20, 2011 at 7:38 pm

    Mas …Syaiful,…lihat aja itu …oknum polisi ngamuuuk sterees…enggak mau tinggal di kepulauan itu…ya mungkin aja mereka enggak,,,merasa terperhatikan dan tidaknya terurusi pulau itu….

  11. Syaiful Bahri February 14, 2011 at 12:00 pm

    hey guys,,,

    Skarang masalembu ada apaan aja ya ?
    ayo dong bagi beritanya ,,,, kangen banget nie,,,

  12. Amin February 9, 2011 at 10:53 pm

    makasih atas respon pertanyaan nya, soalnya komentar rekan masalembu sangat … kurang ..menyangkut teman yang anda cari belum aku dapat..Mas makasihhh….

  13. Syaiful Bahri February 7, 2011 at 3:07 pm

    Salam Kangen

    Buat temen2 dimana anda berada, bagi yg kenal sama : Fendi, Sukandar, Arif, Aminullah, Endang, Ayu, Maimunah, Santi, Ira, Durri, Ningsih, Basori, Nur, Ida, dll. Angkatan tahun 1994-1997 tolong kabarin saya ya, please help me, atau call : 02194744807,08176018560

  14. Amin February 7, 2011 at 12:52 pm

    sepihh… enggak ada komentar disini…..mana suara masalembu….ini ? padahal Masalembu itu rame dengan ombaknya…..kok…seepiiih banget…

  15. Amin February 2, 2011 at 12:39 pm

    Gimana……pendapat Rakyat Masalembu ? apa enndak sebaiknya pulau itu pindah provinsi aja ke Kalimantan, soalnya pemerintahnya dan wakil Rakyatnya…… enggak mampu ngurusin……..bukan ? lihat aje realitas faktanya ……kutunggu komentar kanca-kanca kappi okeyyy……………….

  16. Amin January 31, 2011 at 11:39 pm

    halooow……gimana tuuu…bener enggak…orang Bugis yang ketemukan pertama Masalembu atau orang Madura atau orang mandar ? pusing………….pusing kanaa…….

  17. Amin January 31, 2011 at 4:17 pm

    aku Rifqi tami Ahmad, senang orang cerita masalembu sebab masa kecil aku dibawah ayahku kemasalembu

  18. Amin January 31, 2011 at 2:24 pm

    aku tunggu komentar kanca-kanca kappi tentang pulau tertincinta masalembu

  19. Amin January 31, 2011 at 2:18 pm

    hallow ….mana suaranya rakyat masalembu …?

  20. ahmad Amin January 31, 2011 at 11:06 am

    saya tertarik ngebahasin zalembue polana sengko oreng selpu kia kana………..haha…….

  21. dosy December 13, 2010 at 2:09 pm

    hm . . .
    q setujuuu m muaa pendapatt kwan” pulauu . . .

    salamm kenal iahh . . .
    dosy_sukajeruk masalembu .

  22. AL RAZIEQ SAUDIYAH November 29, 2010 at 3:59 am

    KAIF HAALIK ZALEMBOO?…. SAMPAI SEKARANG YG MENEMUKANNYA MASIH SIMPANG SIUR;, VERSI BUGIS : ORANG BUGISLAH YG PERTAMA KALI MENEMUKANNYA . VERSI RAAS ; JG BERKATA DEMIKIAN. AQ PUNYA USUL NIH…. GMN KALAU FOSILNYA KITA AMBIL LALU KITA UJI, MANA YG LEBIH TUA. GITU AJA KOK REPOT KATA GUS DUR. HAA HAA HAAAAA

  23. mamad October 19, 2010 at 10:40 pm

    masalemboe memang asik cuyyyyyyyyyyyyyyyy

  24. helmie Karim October 15, 2010 at 4:02 pm

    Sya anak jati Masalebu sejarah masalembu penemuan masalembu,di temuka noleh Orang Raas, yg terkenal dengan nyabalang atau menangkap ikan tongkol, hingga sekarang tempat pertama berlabu dikenali kg Raas nadi perekoniam masalembu, bagi orang Raas Pulau masalembu hanya penepatan sementara untuk mengumpul hasil tangkapanNya setiap musim, hingga akhir thn 70an pondak/Pondok rumah sementa dan penyempan ikan yg di keringkan masih ujut, apa bila penjring ikan tongok ujut di akhir 70 an ikan tongkol mula berkurang orang Raas tidak lagi datang kemasalebu.

    Orang bugis yg kedua walau kebanyakan tanah masalembu di miliki orang bugis bukan lah yg pertama, kerana orang Bugis tidak lah sedekat Pulau Raas, niat ters menatap tapi bafi orang Raas bukan lah tujuan tuk menetap, hinga ke hari ini orang Raas, hanya datang melawat saudara mara yg berkawin dengan basa lain dan menetap di Masalembu dan bilangan terlalu kecil.

    Sebenarnya Masalembu itu pualu terpinggir dari pemerintahan Jatm dan Sunep tiada apa yg boleh di banggakan , pemerintah gagal merialisasikan rakyat masalembu, Rakyat Masalembu 80% penduduk nya di paras beko kemiskinan, DIK KERANA KEBODOHAN WAKIL RAKYATNYA HINGGA KINA MASALEMBU GAGAL DI PERINTAH DENGAN SEMPURNA .HINGGA PENDUDUNYA KEBANYAKANNYA MENCARI KERJA DI MALAYSIA KERANA KE TIDAK MEMPUNYAI MALUAN YG BESAR. Terimah kasih pembaca semuga kepimpinan Gubernur melihat kepulau Madarua dan masalembu yg berpotensi jadi pengeluar minyak dunia terbesar mengikut carta Suberminyak Madura yg begitu banyak TAPI PEMERINTAH GUBERNUR HANYA MEMAMFAAT KAN HASIL MINYAM PULAU-PULAU MADURA TERMASUKLAH mASALEMBU YG DIANGGARKAN SUBER TERBSAR MENURUT BpMigas .

  25. achmad al jeffry October 15, 2010 at 10:05 am

    I love you masalembu
    ne aku kangen banget ma masalembu, sekarang orang masalembu gemana kabar nya ya, moga-moga sehat semua ya,
    oh ya aku pengen cepat” jadi orang sukses dan aku pengen menciptakan masalembu jadi yang lebih baik dari pada sebelum nya,
    I LOVE YOU MASALEMBU

  26. sura October 13, 2010 at 12:31 pm

    thanx masalembu,i luv masalembu..kangen bgt sm masalembu..pulau yg sgt indah stelah bali

  27. dtang September 28, 2010 at 7:21 am

    Banyak versi ditemukannya pulau salembu….salah satunya seperti yang dituturkan melalui media….sy juga pernah meminta penjelasan pd seseorang (bpk. Imron Rosadi) yg tahu sejarah masalembu…Datuk Kaidani adalah org periode ke-2 yg singgah ke Masalembu, bukan penemu tetapi beliau pengikut….
    Salam buat semuax, mari pelihara Masalembu, mari kembangkan Masalembu, Masalembu masih tertinggal jauh….PR buat kita: 1) Bagaimana mengatasi Transportasi yg ada supaya lancar, 2) Bagaimana mengatasi penerangan listrik yg tarifnya mencekik masyarakat.
    Itu aja dulu dipikirkan….

  28. fajrin September 28, 2010 at 5:49 am

    aga kareba sappo..
    sy asli org bugis, sy tdk mngerti sejrh pulau ini, tp klo sekirax bener brrt bhasa yg d gunkan pst ada kemripan walaupn sebgian kecil dr kosakatan yg d gunkn.
    slam buat smuanya.

  29. iqbal hidayat September 22, 2010 at 5:17 pm

    aku orang masalembu aku bangga menjadi orang kepulauan

  30. fawait September 15, 2010 at 12:29 am

    pulau tempt sjarh masa kecilku ma tman2 ku sejrh pendidikanku q kngn bngt ma warga dsn I Love U My Island Masalemboe Tampomas II

  31. abdul pari August 16, 2010 at 10:06 am

    PUlau kenangan………..

  32. hermansyah July 30, 2010 at 8:36 pm

    tetep jaga budaya,moral dan kelestariaan alam masalembu..jayalah masalembu..bagi temen2 jangan lupa kasih masukan terus biar masalembu cepet maju..081332298687

  33. hermansyah July 30, 2010 at 8:34 pm

    tetap jga kelestarian masalembu..jangan sampai terjajah oleh masuknya modernisasi…jayalah masalembu..aku yang lagi di sebrang.hermansayah…081332298687.

  34. ramli July 22, 2010 at 11:24 pm

    tima kaseh masalembu…
    tima kaseh habib ramli ,,,ali,,,sukur,,dan budak2 yg menolong saya di malaysia,,,,
    menyiapkan sekolalah agama sri saujana,kota tinggi johor,,,,,,

    satu ari akukan kesana,,,,,,

    salam

    ramli

  35. syaiful bahri July 14, 2010 at 3:18 pm

    salam kenal,…
    Walaupun sy bukan asli orang masalembu, tp sy pernah tinggal disana thn 1994-1997. sy sekolah di smpn1 masalembu, satu2nya smp disana.
    bagi yg masih ingat atau kenal ama sy call 02194744807, 08176018560.

  36. saprol June 29, 2010 at 2:26 pm

    saya yang pernah datang dipulau masalembu.
    sebenarnya pulau ini merupakan potensi pariwista terbagus nomer 2 setelah bali?????????
    namun karna adanya beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh pemerinta setempat khususnya DPRD masalembu.
    1.kurangnya alat penerangan dipulau masalembu
    2.kurangnya alat transpotasi
    3.tentang kebersihan disepanjang oesisir pantainya?
    dan sya sarankan untuk ke3 faktor ini yang perlu diperhatikan secara KHUSUS bagi pemerintah setempat.
    terimakasih

  37. LAILATUS SAHRA bin FATHOL ARIFIN bin IBROHIM June 29, 2010 at 2:12 pm

    haiiiiiiiiiiiiii …………………..
    para petua masalembu?
    saya sebagai anak pulau masalembu?
    memohon untuk menuliskan cerita yang sebenarnya tentang sejarah pulau masalembu.yang man setahu saya pulau masalembu yang menemukan adalh orang RAAS bukan orang BUGIS.dimn penemu utama dari pulau masalembu adalah DATUK KAIDNI yng mempunyai cucuk IBROHIM yg mana dulu beliu seblm menghenbuskan nafasnya masih menduduki jabatan sebagai KEPALA DSA dmasalembu???????
    saya anak pulai masalembu sangat mempui keinginan untuk tahu yang sebenarnya asal mula ditemukannya pulau masalembun?????????
    satu pesan saya ceritakanlah sejarah masalembu yang man adanya tampak diubah ubah supaya nantik kita bis amenceritannya keanak cucu kita yg paling utama////////
    terimahkasi

  38. sahari May 18, 2010 at 2:49 pm

    Salam kenal semua…
    meskipun aq tinggal jauh dari pulauq, namun hatiq tetap rindu tuk sllu berkumpul bersama keluarga di sana, tapi sayang sampai saat ini perhatian pemerintah masih sangat kurang pd pulau itu, transportasi (kapal laut) pun masih sangat jarang/hanya seminggu sekali dijadwalkan. mudah2-han hati pemerintah tergugah untuk membangun pulau masalembuq tercinta….

  39. Wan5 April 24, 2010 at 5:27 pm

    Hidup mZelembu……

  40. saddamsusilokariyanto April 15, 2010 at 1:29 pm

    uh pengenx scepatx aku menjadi ujung tombang kemajuanmu pulauku tercinta…., aku rindu nyanyianmu, q rindu melodimu, kumohon jagalah pulauku ne jngan sampai kejahilan tngan2 rahwana memperkosa sejengkal demi sejengkal tanah di bi2r pantaimu… katakan kl masalembu bukan hax mlik mereka, tp harapan masa depn kami…………

  41. icam March 26, 2010 at 7:37 pm

    oreng salembu yeee………….

  42. wia March 22, 2010 at 12:38 am

    mmh…. jadi teringat belasan tahun silam kalau mudik ke pulau Karamian pasti nginap dulu di pulau Masalembo…..
    biasanya sih karena kesulitan transportasi ato g berani nyeberang karena angin kencang……
    duuh….jadi kangen nich….. kapan ya aq mengunjungimu lagi….?????

  43. irenk February 26, 2010 at 12:35 pm

    bs banget mas. tinggal pasang aja banner irenkdesign d blog anda. lalu konfirmasikan k saya bs melalui email.

  44. denindodutacipta February 25, 2010 at 12:51 am

    SALAM KENAL dan SALING MENGUNJUNGI serta SALING BERBAGI.WAH…WEB-NYA CUKUP INFORMATIF …OYA,BISA TUKERAN BANNER/LINK GA YAH…???
    HTTP: / / DUTACIPTA.WORDPRESS.COM 🙄

  45. awal dharmawan February 21, 2010 at 2:34 pm

    salut banget bway msalembu…… salam ma tmen2 d sno

  46. sadli February 10, 2010 at 11:37 am

    SALAM MZALEMBOE……..
    lam kenal smua buat temn2 masalembu n non masalembu,,,,
    moga plau indah ni cepat maju n berkebang trus….
    n para pemuda yang mempunyai smangat tinggi…..
    mari kita kelola SDA/SDMx……
    CONTAC
    ;08993608947/085232477557

  47. arsavin January 7, 2010 at 12:50 pm

    bagi org masalembu jg lupakn tanah klhranx sndri…setinggi appapun kedudukanx……karna masalembu adalah tanah kelhiran qt……………………………………

  48. Ucon January 7, 2010 at 1:06 am

    Aq emang bkn asli org masalembu…tp aq bangga dgn masalembu…
    Ayo tmn2,kita touring k masalembu…

  49. Myta AW December 31, 2009 at 9:44 am

    PULAU YANG BARU SAJA Q KENAL. INDAH TERNYATA………………… WELCOME MASA LEMBOO

  50. Agam December 28, 2009 at 2:26 pm

    Daerah Yg tak pernah kusangka dan terjamah dipikiranku,tapi sayang seribu sayang susah untuk menggapai langkah kesana.salam kenal y ma orang2 masalembu!!!!!!

  51. Coel Ipins 19 December 24, 2009 at 2:44 am

    Thampomas II [Masalembu] => Tanah air & tumpah dara. salam kenal buat semuanya

  52. The Adyan Institute December 21, 2009 at 2:33 pm

    Sebagai orang Masalembu yang sudah lama tinggal di Kota Hujan Bogor (rumah para artis dan pejabat), saya ingin mengemukakan ide sbb. :

    1. Anggota DPRD dari Masalembu ngotot agar transportasi
    ke pulau ini bisa lebih baik dan representatif.
    2. Pengeboman ikan di laut agar diurus sungguh-sungguh
    oleh aparat terkait. Jangan dibiarkan seperti kita tidak
    punya hukum dan pemerintah.
    3. Pembangunan infrastruktur agar dipercepat dan diikuti
    dengan kepedulian tinggi untuk memajukan pulau
    terpencil ini.

    Kontak saya di :
    1. 0251 – 8224755 (rumah), 0251 – 8224756 (kantor)
    2. 0878.7080.6262 atau 0813.100.94374

  53. iekharadhe December 8, 2009 at 10:36 pm

    jeeekkkk,,,,
    congocoh,,,
    huhu piss2,,

    jayalah ZhALeMbOe…

  54. justian December 1, 2009 at 3:22 pm

    ckckck

    salut kek…

  55. wia November 15, 2009 at 6:30 pm

    duh….. jadi kangen nicch ma sodara n teman2 yang ada di Masalembo…. dulu setiap mudik ke pulauku tercinta KARAMIAN g afdhol kalo g Silaturrahim ma sodara n teman yang ada di sini…..

  56. Ramdan Purnama October 19, 2009 at 2:14 pm

    masih banyak, kabar tentang masalembu thank sumbangan informasinya… saya juga asli orang masalembu….

  57. ogie September 15, 2009 at 1:59 pm

    thanx, dah beri info, jika da info terbaru, q tak keberatan jika anda kirim ke e-mail q or facebook ogie punna

  58. Avin September 13, 2009 at 6:03 pm

    apa kabar ZhaLemboe….>???
    Kangen neh ma keluarga di zhaLemboe….
    Salam ja dech buat keluarga di zHalemboe…..

    e mail : avien_marta@yahoo.com
    blog : masalembu-avien.blogspot.com
    facebook : holynecklaces
    friendster : avien_marta@yahoo.com

  59. irenk September 2, 2009 at 7:49 pm

    Slm balik. Awal Juli lalu saya berknjung kesana. Pulau tersebut punya banyk potensi yg tersembunyi, sayang pemerintah kurang memperhatikan hal tersebut. Sejarah masalembu yg saya tulis ini berdasarkan penuturan dari P Jamal, orang yg prnh mlakukn penilitian dsna. Data2 tentang masalem bu yg saya dpt baik foto maupun info dapat anda lihat di http://www.masalembo.info

  60. ogie August 30, 2009 at 9:32 pm

    lam kenal siapapun anda, saya orang yg pernah dilahirkan dan besar di Pulau Masalembu, banyak hal yg dapat digali dari pulau tersebut sebagai referensi maupun pengetahuan scr umum, tapi karena keberadaannya yg jauh dari pulau besar madura dan fasilitas yg kurang mendukung di sana, hingga kini tak banyak orang yg mengetahui pulau q tercinta, semoga ada lagi yg berkenan menulis dan memberi gambar, tuk mengobati kecintaanku pada tanah kelahiranku dan keluargaku yg masih di pulau Masalembu. Thanx

%d bloggers like this: