Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Tutorial Phothoshop – 3D Arrow


Dalam tutorial kali ini saya akan mengajak anda untuk membuat suatu bentuk dengan efek tiga dimensi. Hanya sebagai contoh saja saya menggunakan bentuk panah atau Arrow. Langsung saja kita menuju langkah – langkahnya. Buat Dokumen baru seukuran arrow yang akan anda buat. Warnai background sesukamu. Buat Layer baru, pilih Custom Shape Tool dan atur shape ke bentuk arrow. Drag pada layer baru sehingga membentuk arrow yang kita inginkan.

gbr1.JPGgbr2.JPG

gbr3.jpg

Namai Layer dengan nama Bottom. Copy layer tersebut dan namai dengan Top. Aktifkan Layer Bottom. Tahan Tombol Alt, tekan panah ke bawah pada keyboard sampai membentuk bayangan pada arrom. Disini saya memberikan warna putih pada bottom untum memudahkan. Merge semua layer bottom yang tercopy tadi Layer>Merge Layer atau Tekan (Ctrl+E). Sehingga sekarang kita mempunyai 3 buah layer, Background, Bottom dan Top.

gbr4.jpg

Berikan Gradient Overlay pada Top Layer.

gbr5.JPG

Tambahkan Layer Style Drop Shadow dan Gradient Overlay pada Layer Bottom

gbr6.JPGgbr7.JPG

Buat bentuk seperti gambar berikut menggunakan Pen Tool dengan warna putih diatas layer Top

gbr8.JPG

Kurangi opacitynya sampai sekitar 30% saja.

gbr9.jpg

Buat bentuk lingkaran dan garis di daerah daerah tertentu saja pada arrow seperti gambar berikut pada layer baru.

gbr10.jpg

Berikan efek Blur>Gausian Blur dan akhirnya selesai …

gbr12.jpg

Selamat mencoba, inilah hasil yang saya dapatkan……semoga membantu

3d-glossy-arrow.jpg

9 responses to “Tutorial Phothoshop – 3D Arrow

  1. dr.emi November 13, 2009 at 1:19 pm

    mbro punya banner gambar ukuran 125px × 125px ga ?
    mau guwe update banner di dremi.info

  2. dr.emi October 3, 2008 at 10:14 pm

    mbro, tuts lu gw pilih bwat diinput di web tutorial direktori gw:

    http://www.toserbatutorial.com/detail.php?cPub=Hits&cCode=105

    selamat yak !

  3. dr.emi October 3, 2008 at 6:48 pm

    lanjutin bikin tutorial tutorial na
    yang bikin heboh !!😀 hehe !!

    gw dukung !!

  4. irenk October 3, 2008 at 2:18 pm

    wah! surprise banget neh banner irenkdesign di pasang di http://www.dremi.info/. Makasih banyak Dok… kan smua jg g terlepas dari inspirasi yg saya dapat dr Dr emi….

  5. dr.emi October 3, 2008 at 12:28 pm

    bwat nienz:

    kreasi hasil tutorial tidak hanya untuk dimanfaatkan sesuai dengan tujuan, tapi sebelum berfikir ke arah sana, marilah belajar berfikir terlebih dahulu “apa sih yang pernah gw bikin ?” jadi orang lain bisa tau, ooohh ini toh hasil kerja nya si irenk, kren !

    nah ksimpulanna, mbikin tutorial dalam konteks apaapun, jangan dilihat dari hasilna untuk apa ? karena seni itu untuk dikembangkan, bukan untuk dijiplak. kalo untuk dibikin trus lu diem aja, ga ngapa2in ya sama aja boong lu baca tuts na. hal yang paling efektif adalah, mencerna teknik dan bagaimana cara membuat objek ini menjadi indah sesuai kebutuhan, misal: lu baca tutorial kaya di halaman ini, maka lu seharusnya terinspirasi “oh gw dapet ide, gimana kalo gw bikin bwat di header blog gw aja, bisa jadi sebuah logo yang unik mnurut gw”

    jadi mainkan imajinasimu !! itu cara gw belajar :))

  6. dr.emi October 3, 2008 at 12:19 pm

    hmmm :)~~

    smart design !!
    sekalipun link web ini dah ada di web supporter list dremi.info, gw pasang banner lu juga ah di web dremi.info, alna tutorial lu bagi gw sangat berkualitas :))

    teruskan brother !!

  7. blue September 9, 2008 at 2:57 am

    saya pnya ide, buat di tmpel di toilet aja. :))…. becanda lho mas. Cool abis deh…

  8. irenk September 6, 2008 at 7:29 am

    Anda bisa makainya untuk membuat logo, banner, wallpaper dll. pemunculan ide disertai kreatifitaslah yg menentukan hasil akhirnya.

  9. nienz September 5, 2008 at 11:51 pm

    meski gak tau buat apa, tp gw dah coba terapin tutorial ini. gak begitu sulit tp ya itu td, gak tau buat apaan biqn bentuk kaya gituan. Kl menurut mas, bagusnya dimanfatin buat apa ni hasil tutorial????

