Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop Tutorial- Membuat Logo ala blog


Dalam Tutorial Photoshop kali ini saya ingin memberikan langkah secara detail bagaimana membuat logo 3D menggunakan Photoshop. Memang terkesan panjang, akan tetapi dijelaskan lebih terperinci dan penjelasan akan langkah-langkahnya. Saya sarankan untuk berdoa terlebih dahulu agar kerja kita kali ini dapat berhasil. Seperti biasa, untuk ukuran image dan warna yang digunakan anda dapat menggunakan sesuai keinginan anda sendiri. Disini hanya sebagai contoh untuk memudahkan saja. Buat dokumen baru dengan ukuran 400×400 px dengan warna putih. Pilih Rounded Rectangle Tool dan atur dengan radius 25 px.

Buat persegi panjang pada area kerja dengan menarik kursor dari kiri atas ke kanan bawah sehingga membentuk persegi panjang seperti gambar berikut. Lalu Rasterize layer dengan “klick kanan pada layer dan rasterize.”

Ganti warna Foreground Color dengan #C40000 dan Background color dengan #7A0707.

Sambil menahan tombol Ctrl pada keyboard, klik pada layer 1 atau shape 1 sehingga membentuk seleksi pada bentuk rounded persegi panjang tadi.

Aktifkan gradient Tool dan drag kursor dari atas ke bawah pada area yang terseleksi.

Berikan efek Iner glow pada layer dengan cara “double klick pada layer yang akan diberikan style atau efek“. gunakan warna abu – abu terang dan penganturan seperti berikut.

Tambahkan Teks di atasnya lalu rasterize layer teks tersebut. Berikan efek Inner Shadow dengan pengaturan seperti berikut.

Buat layer baru, pilih Eliptical Marque Tool dan buat seleksi seperti gambar berikut. Lalu Edit>Fill pilih warna Putih.

Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi. Masih pada layer 1 yang aktif, sambil menahan tombol Ctrl pada keyboard, klick shape 1 sehingga akan membentuk seleksi pada layer 1 seperti gambar berikut.

Balik area seleksi dengan menekan tombol Ctrl+Shift+I lalu tekan Delete.

Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi. Sekarang kita beralih ke Edit in Quick Mask Mode dengan menekan tombol Quick Mask

Pilih Gradien Tool dan drag dari tengah ke atas, lalu kembali ke mode normal lagi dengan menekan tombol edit in Normal Mode yang ada di sebelah Edit in Quick mask mode.

Tekan Delete sehingga kita mendapatkan hasil seperti berikut. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan seleksi.

“Gabungkan semua Layer kecuali layer background dengan memunculkan tanda rantai di tiap layer”. Klick aja di kotak tempat gambar rantai itu muncul. Lalu Layer>Merge Linked. Sehingga ketiga layer tadi kini hanya menjadi satu layer saja.

Copy Layer 1, Edit>Transform>Flip Horizontal dan geser gambar kebawah. Ini yang nantinya akan kita buat sebagai bayangan.

Kini kita kembali ke Mode quick Mask lagi. Pilih gradient Tool dan tarik kursor dari tengah area kerja ke bawah.

Kembali lagi ke Mode normal, Tekan Delete pada keyboard. Hasil akhir sudah kita dapatkan. Semoga bermanfaat.

4 responses to “Photoshop Tutorial- Membuat Logo ala blog

  1. budi fals August 28, 2010 at 12:02 am

    tapi inget ching…..untuk info game winning eleven
    klik : http://weblacktricks.wordpress.com/

  2. zaenal September 5, 2008 at 11:39 pm

    bnyk tutorial yg saya cari, tp yg ini, mantep banget. Komplit dan lngkah2nya mudah diikuti. sukses deh mas…..

  3. newbie September 3, 2008 at 3:50 am

    iya mas, tutorial anda bagus bagus, gak ada salahnya di promosiin aja. Saya pake buat tutorial di kursusan neh, gak papa kan mas?

  4. senopatiarthur August 26, 2008 at 5:11 pm

    Artikel anda di

    http://design.infogue.com/photoshop_tutorial_membuat_logo_ala_blog

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

%d bloggers like this: