Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop Tutorial – BLUE ORB BUTTON


Setelah membuat page tersendiri untuk category orb (bola kristal) di gallery wordpress ini, ternyata ada temen yang tertarik dan mau tau cara membuatnya. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat bola kristal- bola kristal ini. Salah satunya adalah membuat button dengan style bola kristal. Baiklah, kita langsung aja daripada ntar saya malah curhat akhirnya.
Pertama buat dokumen baru, disini saya memakai ukuran 400×400 px. Warnai Background dengan warna gradasi. Buat layer baru, pilih Eliptical Marque Tool. Sambil menahan tombol Shift+Alt tarik kursor dari tengah – tengah area kerja ke arah luar untuk membuat seleksi berbentuk lingkaran:

Ganti Foreground dengan warnna biru muda (#87FFFE)dan Background dengan warna biru yg lebih tua (#40BDE8) . Pilih Gradient Tool dan tarik kursor dari atas ke bawah.

Berikan Style Bevel and Emboss dengan setingan seperti berikut

Pilih Select>Modify>Contract dan berkan nilai 5 pada kotak isian Contract selection. Hal ini akan membuat seleksi masuk kea rah dalam sebesar 5 pixel.

Lalu tekan Delete lalu Ctrl+D untuk menhilangkan seleksi. Berikan efek Bevel and Emboss pada layer ini dengan setingan seperti berikut:

Pastikan hasilnya seperti ini:

Buat layer baru, Pilih seleksi berbentuk lingkaran seperti gambar berikut dan isi dengan warna putih.

Sekarang kita menuju ke Mode Quik Mask dengan menekan tombol Edit in Quick Mask Mode, Pastikan warna Backround dan Foregroundnya adalah hitam dan putih.

Pilih Gradient Tool dan tarik kursor dari dari bawah ke atas.

Sekarang kita kembali ke normal mode denga menekan tombol Edit in Standar Moded, Maka akan terbentuk seleksi seperti gambar berikut.

Tekan Delete sekali Inilah hasil yang harus di dapat.

Tekan Ctrl+D (Select>Deselect) untuk menghilangkan seleksi.Tambahkan Teks di di bawah Layer 3 dengan efek Outher Glow atau efek apapun sesuai dengan kreasimu. Aktifkan gambar Rantai pada semua layer kecuali layer Background untuk mengecilkan gambar agar ada ruang untuk membuat bayangan.

Sekarang kita akan membuat bayangan. Pilih Elips Tool, Buat bentuk elip dengan warna hitam.

Rasterize Bentuk Elips Hitam ini dengan klik kanan pada layer, Rasterize This Layer.

Lalu berika Efek Blur. Filter>Blur>Gaussian Blur dengan radius 12 pixel. Kurangi opacitynya menjadi 60% saja.

Hasil akhir sudah kita dapatkan. Kita bias mempercantik dengan menambahkan image di atasnya dan ganti mode layer image tersebut menjadi Overlay.

4 responses to “Photoshop Tutorial – BLUE ORB BUTTON

  1. Pingback: takeda's Blog » Archive for Monday, October 13th, 2008

  2. irenk September 6, 2008 at 1:00 am

    Untuk warna, pada semua tutorial saya ini sebenarnya relatif, tgantung kreatipitas msng2. Untuk white orb seperti yg di gallery, saya menggunakan warna abu2 muda. cara buatnya sama seperti blue orb button, hanya saja saya menambahkan image motif garism lalu ganti modenya menjadi overlay. Jadi terkesan seperti pattern. semoga komen yg singkat ini bisa membantu.

  3. kevin September 5, 2008 at 11:41 pm

    kl buat yg warna putih tp terkesan seperti warna silver seperti da gallery mas itu gmn caranya? mohon batuannya, maklu… newbie neh.😀

  4. ve August 22, 2008 at 12:39 am

    Bagus benget meski agak panjang langkahnya. Ternya gak sesulit yg saya kira. Di tunggu tutorial selanjutnya Mas…

%d bloggers like this: