Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop – Indexed Images pada GIF


Pada editor gambar, kita sering mendengar istilah Indexed Images. Apakah Indexed image itu? Indexed Images adalah gambar yang memiliki komposisi warna yang tidak lebih dari 256 warna, pada software pengolah image, warna-warna gambar Indexed Images biasanya ditampilkan dalam pallete. Dalam pallete tersebut kita bisa menambahkan atau mengurangi warna-warna pada indexed images.

Terdapat beberapa tipe dari sistem penampakan dan penyusunan warna pada indexed palletes, diantaranya adalah adaptive, system, exact, and web.

Adaptive: Adaptive, disebut juga optimized, adalah sistem penyusunan warna dengan cara meresampling gambar, mengacu kepada warna yang paling banyak digunakan oleh gambar tersebut. Contohnya, bila sebuah gambar disusun lebih banyak oleh hijau dan biru, maka, index akan me resampling warna lain mengacu kepada warna yang paling banyak dalam gambar tersebut, hasilnya, gambar tersebut akan lebih banyak mengandung warna antara hujau dan biru. Bila dalam gambar tersebut memiliki warna lain dengan jumlah yang lebih sedikit maka warna yang sedikit itu akan hilang.

System: disebut juga Uniform, yaitu penggunaan warna 8 Bit berdasarkan platform yang anda gunakan. Pilihan ini dapat mengubah gambar image anda dengan sangat kasar, akibatnya kualitas menjadi menurun drastis dan besar file meningkat.

Exact: Bila dalam index terdapat 216 warna, maka jumlah warna tersebut yang akan disimpan. Pada beberapa software Image Editing, pilihan exact akan tersedia bila jumlah warna pada gambar kurang dari 256, bila lebih dari itu, pilihan exact tidak akan tersedia.

Web/Browser: Index warna yang digunakan berdasarkan kepada susunan warna RGB yang digunakan oleh browser, jumlah warna dari RGB ini adalah 216 warna.

Setiap sistim Indeks pallete memiliki kelebihan dan kekurangannya, pastikan Anda mengenal karakteristik format image dan keperluan warna untuk dapat menyesuaikan agar hasil yang diperoleh maksimal. (Pupung Budi Purnama)

sumber: designworld.master.web.id

2 responses to “Photoshop – Indexed Images pada GIF

  1. irenk September 6, 2008 at 7:23 am

    o jelas sekali. Ambil contoh begini aja. Ambil satu contoh kasus. Untuk merubah beberaqpa foto menjadi mode sepia atau Black & White akan berbeda hasilnya jika kita memakai teknik yg sama. Tingkat warna, ketajaman, dan kekontrasan akan berbeda. Makanya photoshop (CS 2 ke atas) memberikan opsi untuk menyesuaikan tingkat warna antara beberapa image. Image -> Adjusment -> match Color.

  2. rika September 5, 2008 at 11:43 pm

    maksudnya harus tau tu apa mas? pa kan berpengaruh ma hasil editan kita?

%d bloggers like this: