Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop – Antialiasing


Tentunya Anda pernah mendengar kata atau istilah Antialiasing bukan?, Opsi ini biasanya terdapat pada program editor gambar seperti Photoshop, Fireworks, The GIMP2, dan lain-lain. Antialiasing? dipergunakan untuk memberikan efek halus pada sisi-sisi objek atau teks yang kita buat agar kesan “bergerigi” karena pixel yang menyusun kotak-kotak tersebut.

Bila kita membuat sebuah objek dengan anti-aliasing yang tidak diaktifkan, maka tampilan dari sisi objek akan seperti:

Hal ini akan mengakibatkan tampilan dari objek tampak tidak rata. Dengan Anti-aliasing, maka tampilan dari objek akan ditambahkan warna yang membuat matakita menangkap gradasi dari objek ke latar.

Dengan demikian, objek grafis yang diberi Anti-aliasing akan terlihat halus.

Namun permasalahan dengan dipergunakannya Anti-aliasing ini akan mempersulit pada grafis yang memiliki latar transparan seperti pada seperti pada GIF. Untuk mengatasinya, gunakan matte-background yang memiliki warna sama dengan latar background. Bila Anda menggunakan PNG-24, masalah ini dapat diselesaikan dengan mengaktifkan Alpha transparency, yang dapat dipergunakan pada warna latar manapun. Namun sayangnya Alpha-transparency ini tidak didukung oleh browser yang kini paling banyak dipergunakan yaitu Internet Explorer. (Pupung Budi PurnamaPupung Budi Purnama)

sumber: designworld.master.web.id

2 responses to “Photoshop – Antialiasing

  1. irenk September 6, 2008 at 7:27 am

    Saya sarankan, untuk proses seleksi akan lebih mudah tanpa anti aliasing. tapi untuk hasilnya, baiknya anti aliasing di aktifkan, karena akan menghasilkan hasil yg lebih halus. Akan tetapi, untuk image yg berukuran kecil seperti ikon, logo, banner dll, adanya anti aliasing akan mengurangi ketajaman.

  2. kae September 5, 2008 at 11:46 pm

    trus untuk edit foto kita baiknya pake yg mn?

%d bloggers like this: