Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita


Keputihan merupakan hal yang dialami hampir sebagian besar perempuan, apalagi tinggal di negara tropis seperti Indonesia dengan suhu udara yang lembab. Sebenarnya keputihan bisa dicegah dengan beberapa langkah berikut:

1. Hindari lembab

Jamur biasanya senang berkembang biak di tempat yang lembab. Segera ganti jika celana dalam Anda jika basah atau lembab, hindari memakai pakaian dalam ketat dan tidak menyerap keringat, gantilah pakaian dalam Anda setiap kali mandi.


2. Menjaga kebersihan

Jagalah selalu kebersihan diri Anda, terutama seputar area vagina. Rambut kelamin (pubis) yang terlalu tebal bisa menjadi sarang kuman. Pangkas dan bersihkan pubis secara teratur. Keputihan juga bisa muncul karena lingkungan yang tidak bersih, misalnya dari bak mandi atau air.

3. Basuh Vagina

Biasakan membasuh vagina Anda dengan air bersih setiap kali selesai buang air kecil lalu keringkan dengan tisue. Lakukan gerakan yang benar saat membasuh, yakni dari arah depan ke belakang. Hindari membasuh vagina dengan air di ember jika Anda berada di WC umum.

4. Antiseptik

Jika keputihan mulai dirasa mengganggu, Anda bisa memakai sabun antiseptik khusus vagina dengan kandungan asam yang rendah. Jika jamur tak mempan juga, segera konsultasikan dengan dokter. Tidak disarankan untuk meminum obat tradisional yang tidak terdaftar, diduga kandungan di dalamnya bisa membuat vagina teriritasi.

5. Sering ganti pembalut

Penggantian pembalut yang sering selama masa menstruasi sangat membantu untuk menghindari jamur berkembang biak akibat darah menstruasi. Selain pembalut, gantilah pantyliner beberapa jam sekali sebelum kuman menumpuk.

6. Jangan pipis sembarangan………

sumber: Kompas

5 responses to “Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

  1. uly April 20, 2009 at 9:52 am

    thank’s y tips nya sangat membantu sekali..

  2. cengek December 6, 2008 at 4:41 pm

    aneh-aneh wae pak lek

  3. jabrix December 5, 2008 at 9:01 pm

    gmn lok d cd nya d pasang kipas prosesor …
    pasti g bakalan lembeb tuch….:)

  4. irenk August 21, 2007 at 11:29 pm

    Jika di biarkan lembab, maka akan menyebabkan tumbuhnya banyak jamur. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan gatal-gatal,bau yang tak sedap, bahkan bisa menimbulkan penyakit kulit lainnya. Selain itu ketidaknyamanan dalam berpakaian juga akan anda rasakan nantinya.

  5. mordiah August 21, 2007 at 5:40 pm

    kalo biarkan aja lembab bagaimana?

%d bloggers like this: