Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop – Tips Menggunakan Garis


Photoshop CS2 adalah sofware yang saya gunakan dalam tutorial ini.

Elemen garis sering dipergunakan sebagai hiasan untuk mempercantik sebuah situs Web. Tahukah Anda, walaupun “hanya” garis, ternyata ia dapat memberikan nilai lebih pada desain Anda selain sebuah “coretan lurus” biasa. Penggunaan garis yang cocok dan sesuai akan menambah citarasa desain yang Anda buat. Pada Artikel ini, kita akan membahas fungsi garis dan bagaimana menggunakan garis pada sebuah desain.

Fungsi utama kita meletakan sebuah garis pada sebuah desain Web adalah sebagai pemberi batas. Garis sering dipergunakan sebagai pemisah konten satu dengan yang lainnya. Misalnya, antara kolom kiri dengan tengah, menu dengan body, dan lain-lain.

Fungsi kedua adalah penegas dari batasan yang telah ada, misalnya sebuah kolom telah diberi warna untuk dapat dibedakan dengan kolom lain, kemudian garis dipergunakan pada kolom tersebut agar terlihat lebih berbeda dengan kolom lain.

Fungsi ketiga

adalah sebagai hiasan atau dekorasi saja. Fungsi garis untuk dekorasi ini biasanya banyak dipergunakan sebagai variasi terhadap huruf atau gambar. Selain ketiga fungsi diatas, perpaduan garis yang serasi juga dapat menjadikan desain Anda “Clean”, rapi, dan elegan.

Berikan jarak yang cukup antara garis dengan konten

Hal ini bertujuan untuk memberikan daerah kosong atau whitespace agar tampilan situs Anda tampak “menyenangkan” dan lebih rapi. Anda dapat membaca artikel mengenai whitespace untuk lebih memahami tentang pengaturan jarak ini.

Berikan garis warna yang lebih muda dari konten (teks)

Warna antara elemen garis dan teks sebaiknya dibedakan. Sebab, warna yang lebih kuat biasanya lebih diperhatikan dari pada warna pudar. Berikan warna kuat pada teks, sedangkan warna pudar untuk garis.

Jangan menggunakan garis diantara garis

Jangan gunakan garis diantara garis, hal ini akan mengakibatkan situs Anda terkesan penuh dan sesak. Penggunaan garis yang berlebihan malah membuat desain tidak sedap dipandang dan membingungkan.

One response to “Photoshop – Tips Menggunakan Garis

  1. Abadi Suara December 26, 2008 at 2:24 pm

    Sejak tahun 2000 Abadi Suara telah memproduksi beberapa KASET, MP3, CD & VCD Original, produk Abadi Suara bernuansa Islami, antara lain:

    – Kaset pengajian
    – Irama Padang Pasir / Gambus
    – Berbagai macam pembacaan Maulid
    – Seni tradisional Hadroh
    – Marawis
    – Adzan & Tarhim

    Semoga produksi kami memuaskan Anda

    Hormat kami
    PT. Abadi Suara
    Tanah Abang Jakarta Pusat, Indonesia
    Telp. (021) 3924230; HP.0818765250

%d bloggers like this: