Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

HTML – Tip Menampilkan Tulisan di halaman Web


HTML Tips – Web adalah sistem hypertext, terdiri dari jutaan halaman teks yang dihubungkan oleh hyperlink-hyperlink. Dalam membuat halaman Web yang notabene adalah teks “melulu”, sangatlah penting bila Anda menekankan pada diri Anda bahwa pengunjung Web tidak membaca halaman web, tapi men-scan halaman Web tersebut. Jadi, apa yang terjadi dalam media cetak tidak sepenuhnya dapat terjadi pada halaman Web.

Hasil penelitian Nielsen//NetRatings menunjunkan bahwa waktu rata-rata yang dihabiskan seseorang untuk melihat sebuah halaman Web adalah sekitar 60 detik. Pengunjung men-scan halaman, langsung mencari hyperlinks untuk mengarahkan kepada halaman lain yang mereka tuju. Pada saat menscan tersebut, pengunjung lebih tertarik dengan frase dan kata yang biasa dipergunakan pada halaman Web pada umumnya.

Maka, akan lebih baik bila menampilkan tulisan pada halaman Web seperti sebuah brosur atau resume dari pada laporan yang ditulis secara lengkap dan terperinci. Maka, untuk menampilkan tulisan pada halaman Web haruslah mudah dan cepat untuk di scan dengan panduan hyperlink untuk mengarahkan pengunjung. Maka anda harus memiliki tujuan:

Tulis karangan seperti sebuah piramid
Tulislah hal-hal yang menjadi pokok pemikiran terlebih dahulu pada tulisan tersebut.

Kurangi jumlah kata

Tulisan yang pendek dan tajam lebih mudah dibaca dari pada halaman yang panjang

Gunakan satu pokok pikiran per paragraf

Ide yang “terkubur” dalam paragraf-paragraf yang banyak seringkali tidak dapat dicerna dengan baik.

Gunakan bullet list, teks tebal, dan heading untuk menandakan bagian-bagian penting.

Gunakan kata/title pada hyperlink yang mudah dimengerti

Hyperlink harus mudah dimengerti dan memberikan gambaran seperti apa tujuan dari halaman setelah ia mengklik hyperlink tersebut.

Hindari Kekacauan

Halaman Web yang penuh sesak dapat menciptakan “kebisingan visual”

Kunci utamanya adalah pengunjung kurang sabaran untuk membaca tiap baris pada tulisan Anda, jadi halaman web haruslah di desain untuk memberikan panduan kepada mata pengunjung menuju informasi yang terpenting dalam tulisan tersebut.

( Pupung Budi Purnama )

2 responses to “HTML – Tip Menampilkan Tulisan di halaman Web

  1. irenk March 24, 2007 at 5:25 am

    Silahkan saja. Setidaknya apa yang saya tulis maupun yang saya kutip dapat bermanfaat buat siapapun, meski itu hanya sekedar info aja.

  2. QZoners March 22, 2007 at 12:32 pm

    Wah, artikel bagus neh. Aku masukkan blogku yah

%d bloggers like this: