Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop – Convert to Black and White


Photoshop CS2 adalah sofware yang saya gunakan dalam tutorial ini.

Dua cara termudah untuk memperoleh gambar dalam bentuk B&W (hitam putih) adalah dengan metode Grayscale dan Desature. Akan tetapi, dua metode tersebut memiliki beberapa kelemahan atau hasil yang di dapat kurang memuaskan.

1. Grayscale

Image – Mode – Grayscale

pic1.JPG

Memang terlihat begitu mudah, tetapi kedalaman gambar menjadi hilang. Gambar terlihat kurang hidup.

2. Desature

Image – Adjusments – Desaturate

pic2.JPG

Cepat dan mudah sekali, tetapi tingkat kekontrasannya menjadi rendah dan gambar terlihat datar.

3. Hue/Saturation Adjusment Layer

Lalu, metode yang saya pakai adalah dengan Hue/Saturation Adjusment Layer. Dengan metode ini, kita tidak perlu mengubah gambar aslinya sedikitpun. Kembali ke layer. Pada gambar asli, pilihlah Layer – New Adjustment layer – Hue/Saturation. Lalu klik OK tanpa mengubah setingannya dan ubah mode layer dari normal menjadi Color. Tambahkan Hue/saturation Adjusment layer baru, tetapi turunkan nilai saturasinya menjadi -100 sebelum klik OK.

pic3.JPG

Pada layer hue/saturation yang pertama (mode color), Layer – Change layer content – Hue/Saturation dan ubah nilai hue dan saturation untuk memperoleh setingan yang lebih hidup. Dalam hal ini, setingan tergantung dari gambar orisinalnya, Jadi berkreasilah sendiri.

pic4.JPG

Duplikat Layer ini lalu ubah layer mode dari color ke Overlay dan turunkan opacitynya menjadi 64%

pic5.JPGpic6.JPG

4. Chanel Mixer

Layer – New Adjustment Layer – Channel mixer. Pastikan untuk mencentang pilihan Monochrome option. Seting yang saya lakukan adalah memberikan nilai 0 untuk Red dan Green, sedangkan untuk warna blue adalah 100. pic7.JPG

5. Sentuhan akhir Duplicate Channel Mixer Adjustment layer, lalu ubah layer mode dari normal menjadi Overlay dan turunkan opacitynya ke 49% atau lebih kecil lagi. Inilah hasil akhir yang saya peroleh.

bw.jpg

One response to “Photoshop – Convert to Black and White

  1. icethetic design November 21, 2007 at 11:09 am

    memang ada beberapa metode untuk membuat gambar hitam putih, yag perlu diingat adalah apakah cara yg dipakai bisa menurunkan kualitas image apa tidak. Cara yg paling mudah dan ampuh adalah dengan memakai gradient map. Caranya buka image yg ingin di rubah ke B/W, kemudian click icon create new fill or adjustment layer, lau pilih gradient map dan pada gradient picker pilih black,white gradient. Cara ini akan mempertahankan kualitas, kontras dan kedalaman warna.
    semoga membantu dalam berbagi ilmu.

%d bloggers like this: