Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Photoshop Tutorial – Tentang File dan Pewarnaan di Photoshop


Menambahkan Ekstensi File

Pada Mac, Photoshop tidak menambahkan ekstensi file secara otomatis seperti halnya di PC. Agar Photoshop menambahkan ekstensi secara otomatis, saat menyimpan file, tekan tombol Option ketika memilih format file. Pilihan untuk menambahkan ekstensi dapat juga diatur secara permanen melalui File>Preferences>Saving Files.

Melihat Ukuran & Status Gambar

Menekan tombol Option/Alt dan mengklik mouse pada balok status di bagian bawah gambar akan menunjukkan ukuran cetak gambar, mode warna, adanya alpha channel dan resolusi gambar. Untuk mengaktifkan balok status ini pada PC, pilih Window>Show Status Bar dan lokasinya berada di bagian bawah layar. Dengan menahan tombol Command/Control saat mengklik, akan menunjukkan ukuran gambar dalam bentuk pixel. Status ini juga dapat diubah untuk menampilkan informasi lain dengan mengganti pilihan pada ikon segitiga di sampingnya.

Memperkecil Ukuran File

Pada file yang memiliki beberapa layer, Photoshop secara default menyimpan versi gambar yang diflatten agar bisa dibuka pada Photoshop versi lama. Kalau Anda bekerja hanya bekerja pada versi 3 ke atas, non-aktifkan pilihan tersebut karena akan memperbesar ukuran file

Menyimpan File Tanpa Preview

Membuat preview gambar dalam bentuk ikon saat menyimpan gambar bisa memperlama waktu kerja apalagi jika file berukuran besar. Dengan memilih Ask When Saving pada File>Preferences>Saving Files, kita bisa menentukan apakah preview ingin disimpan atau tidak.

Optimasi Penyimpanan Dokumen

Jika Anda menggunakan perintah Save saat melakukan koreksi dokumen, PageMaker melakukan penyimpanan secara cepat tanpa optimasi sehingga ukuran file makin lama makin besar. Simpan file dengan perintah Save As dengan nama yang sama di akhir sesi agar PageMaker melakukan optimasi ukuran file.

Mewarnai Gambar secara Parsial

Dengan mengaktifkan pilihan Color pada palet Options, Anda cukup menyapukan airbrush tool pada objek yang ingin diganti warnanya. Alternatif lain agar perubahan warna masih dapat diedit lagi belakangan adalah dengan membuat layer baru dengan mode Color dan gunakan airbrush dengan mode Normal untuk menyapukan warna.

Mengimpor EPS ke Photoshop

Halaman atau dokumen yang EPS yang dihasilkan oleh Freehand atau PageMaker kadangkala mengalami masalah saat dioutput. Oleh karena itu, gunakan Photoshop untuk membuka dokumen EPS (bukan menggunakan perintah Place) dan simpan sebagai TIFF

Mengimpor Path ke Photoshop

Pada Mac, Anda dapat mengkopi (Command + C) path dari Illustrator atau Freehand dan mempastenya (Command + V) ke Photoshop. Anda dapat memilih path ini diubah menjadi pixel atau tetap dalam bentuk path. Pada PC, Anda hanya dapat melakukannya dari Illustrator.

Mengganti Satuan

Untuk mengganti satuan saat menggunakan perintah Image Size di Photoshop dengan cepat, klik tanda segitiga di samping ikon + pada palet Info dan pilih satuan yang diinginkan. Satuan juga bisa diganti melalui File>Preferences>Unit & Rulers.

Menghilangkan & Memunculkan Seluruh Palet

Palet-palet yang bertebaran pada desktop sering mengganggu proses kerja. Daripada menghafalkan shortcut masing-masing palet, gunakan tombol Tab untuk menghilangkan seluruh palet pada Photoshop, Illustrator dan PageMaker dan tombol F12 (palet Tools masih dipertahankan) pada Freehand. Untuk memunculkannya kembali, tekan shortcut sekali lagi. Pada PageMaker shortcut Tab selalu berfungsi kecuali saat text tool aktif.

Mengganti Ikon Brush

Cursor default Photoshop yang berbentuk tools tidak terlalu membantu saat bekerja karena kita tidak tahu seberapa besar ukuran brush yang sebenarnya. Untuk mengganti bentuk cursor menjadi ukuran brush, pilih File>Preferences>Display & Cursors dan ganti pilihan dari Standard menjadi Brush Size. Untuk memilih cursor berbentuk tanda plus (pilihan Precise), aktifkan tombol Caps Lock pada keyboard.

Memilih Warna untuk Cetak

Ada warna-warna tertentu yang dapat ditampilkan di monitor tetapi tidak bisa dicetak dengan gabungan CMYK karena gamut dari RGB lebih besar dari CMYK. Warna-warna yang out-of-gamut ini ditandai dengan segitiga dengan tanda seru saat kita memilih warna. Pada palet Info, warna yang tidak bisa dicetak juga akan diberi tanda seru. Dengan menekan tanda segitiga, Photoshop akan secara otomatis memilih warna cetak yang mendekati warna tersebut.


Menampilkan Gambar Full Screen

Pada Photoshop, gambar dapat ditampilkan secara full-screen dengan menekan tombol F berulang-ulang atau menggunakan pilihan full-screen mode pada palet Tools.

Mendeteksi Scratch Disk

Bekerja dengan file berukuran besar membutuhkan hardisk yang besar. Untuk mendeteksi ketersediaan hardisk di Mac, buat folder kosong pada hardisk yang digunakan sebagai scratch disk dan buka folder tersebut. Saat bekerja di Photoshop, Anda dapat selalu melihat status ruang kosong pada hardisk.

Menentukan Ukuran RAM & Scratch Disk

RAM dibutuhkan oleh Photoshop menyimpan informasi sementara saat menjalankan berbagai perintah. Jika RAM tidak cukup, Photoshop akan menggunakan hardisk sebagai scratch disk. Ruang yang dibutuhkan oleh Photoshop untuk RAM & scratch disk masing-masing adalah 3-5 kali ukuran file yang dimanipulasi. Pada file-file yang terlalu besar, Anda bisa menjalankan filter pada channel-channel terpisah sehingga Photoshop hanya berhadapan dengan file yang berukuran sepertiga saja.

Memilih Scratch Disk

Gunakan hardisk yang paling cepat sebagai scratch disk dan kalau memang tersedia, pilih hardisk dengan jenis RAID. Pilih hardisk yang memiliki ruang kosong continuous dan lakukan defragmentasi secara berkala dengan Disk Defragmenter Windows atau Speed Disk dari Norton Utility. Anda juga bisa mempartisi hardisk untuk didedikasikan sebagai scratch disk. Untuk mengganti scratch disk, pilih File>Preferences>Plug-Ins & Scratch Disks.

Mengulang Filter

Setelah menjalankan filter, Anda bisa mengulang filter tersebut dengan menekan Command + F. Untuk mengaktifkan kotak dialog Filter, tekan Command + Option + F. Photoshop juga bisa mengingat setting perintah sebelumnya dengan menambahkan tombol Option saat memilih perintah pada menu Image>Adjust.

Mengganti Ukuran Brush

Untuk mengganti ukuran brush saat bekerja di Photoshop, gunakan tombol ] untuk memperbesar dan [ untuk memperkecil. Tambahkan tombol Shift untuk menuju brush berukuran terkecil atau terbesar.

4 responses to “Photoshop Tutorial – Tentang File dan Pewarnaan di Photoshop

  1. ipank'd August 30, 2007 at 2:36 pm

    bos..
    mo nanyak nih🙂
    gw pingin fonts-font yang artistik n butuh juga borders /corners…
    bisa mbantu kan BOS..:D..
    klw ada link-nya ..kasih ke gw ya BOS..
    thank b4..:D:D

  2. irenk May 6, 2007 at 3:04 am

    Tentang HTML bisa anda baca di categories Web Design

  3. irenk May 6, 2007 at 3:01 am

    sejarah tentang photosop bisa anda baca di categories basic.

  4. w4ndo April 8, 2007 at 7:41 pm

    minta pengertian sejarah photoshop dan HTML dong????

%d bloggers like this: