Photoshop Tutorial – Graphic Design

Photoshop tutorial, Graphic Design, web design, web programming, design graphic, logo design, Advertising Design, Free e-book, politic, history, SEO, desain indonesia

Petisi 50 Minta Rehabilitasi Bung Karno Diikuti Tahanan Politik


be035024ib5.jpgKetua Kelompok Kerja Petisi 50 Ali Sadikin menyatakan upaya rehabilitasi nama baik Bung Karno sebagai proklamator dan presiden pertama RI seharusnya juga diikuti oleh rehabilitasi puluhan ribu bahkan ratusan ribu bekas tahanan politik dari kalangan sipil maupun militer.

“Mereka dipenjara tanpa proses pengadilan yang benar, dirampas hak-haknya dan disiksa. Keluar dari penjara dikasih KTP Tapol. Seharusnya mereka juga direhabilitasi nama baiknya,” kata Ali Sadikin dengan nada tinggi, dalam konferensi pers di rumahnya Jalan Borobudur Jakarta, Jumat (15/8) siang.

Banyak dari mereka, kata Ali, adalah teman dan anak buahnya yang bekas anggota TNI seperti HR Dharsono, mantan Pangdam Siliwangi yang menjadi terpidana dalam kasus peledakan BCA di Glodok, Jakarta Barat, sebagai buntut kasus Tanjung Priok 1994. “Lebih banyak orang-orang kecil yang dituduh dalam kasus serupa dan kasus lainnya yang sekarang hidupnya menderita.”

Bang Ali menilai ketidakpedulian dan pengabaian oleh Sidang Tahunan MPR 2003 terhadap upaya pencabutan Ketetapan MPRS Nomor 33/1967 tentang Pecabutan Kekuasaan dari Bung Karno sebagai ketidakpedulian MPR akan tugas koreksi yang harus dilakukan terhadap kesalahan awal Orde Baru. “Ini telah menghilangkan salah satu kesempatan historis guna meletakkan salah satu prasyarat bagi rekonsiliasi nasional yang sangat dibutuhkan bagi kelanjutan reformasi,” ujarnya.

Karena itulah, Kelompok Kerja Petisi 50 dengan menggunakan momentum Hari Kemerdekaan RI ke-58 mengusulkan agar Presiden dan penyelenggara negara lainnya memberikan contoh dan teladan agar jiwa, semangat dan karakter bangsa dapat dipulihkan sebagai kunci menyelamatkan negara. (Amal Ihsan-Tempo News Room)

15 Agustus 2003 TEMPO Interaktif, Jakarta

About these ads

2 responses to “Petisi 50 Minta Rehabilitasi Bung Karno Diikuti Tahanan Politik

  1. irenk February 13, 2008 at 3:12 pm

    Secara pasti dimana petisi 50 berada saya kurang tahu. Mungkin naskah aslinya ada di Yayasan Bung Karno yang di ketuai oleh puteranya sendiri, Guruh Soekarno. Ini alamat websitenya : http://www.yayasanbungkarno.or.id/

  2. Lukman S. Sriamin January 29, 2008 at 6:34 am

    Saya sedang mencari naskah asli petisi 50. Dimana kami dapat memperolehnya.
    Juga alamat sektretariat petisi 50 / Ali Sadikin.
    Terima kasih

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 35 other followers